4 Jan 2014

"Be Yourself" itu cuma Hoax




Halo halo guys balik sama sama gue Argasays
Tanpa basa-basi langsung aja gue mau bahas kata-kata "Be Yourself"

Guys? Gue mau tanya, jujur ya, udah berapa kali kalian bilang "Jadi diri sendiri"
"Ah gue mau jadi diri sendiri aja"
"Ah, be myself aja lah, ngapain jadi orang lain"

Pasti banyak kan yang bilang kayak gitu?
Langsung aja deh gue punya cerita buat kalian, salah satu contoh cerita aja.

   Suatu ketika si Joni sedang jatuh cinta pada seorang wanita bernama Inem, Inem adalah pujaan di smu mereka. Hingga setiap hari Joni datang dirumah Inem, karena memang Joni supir Inem. Eh bercanda, Joni selalu datang di rumah Inem untuk menjerukinya, ehh mengapelinya. Setiap hari selalu menggunakan pakaian rapi, yang selalu berbeda-beda, karena Joni memang penjual baju di pasar.

   Akhirnya Inem pun luluh pada Joni, tapi Joni lelah untuk selalu berpakaian rapi dan selalu menjaga sikapnya, akhirnya Joni memutuskan untuk menjadi Pahlawan Bertopeng, ehh maksudnya menjadi dirinya sendiri. Hingga akhirnya....

   Inem pun males melihat Joni, Joni terlihat begitu lusuh, seperti pakaian yang baru keluar dari mesin cuci. Hingga pada akhirnya, datang lelaki ketiga. Bernama Sugeng, Sugeng walaupun rupanya tidak jelek namun juga tidak ganteng, namun cenderung jelek. Tapi ia selalu terlihat rapi, dan menawan, dan wangi, dan apalagi ya, ah yasudahlah...

   Akhirnya Inem dan Joni pupus di tengah jalan, Joni pun mengurung dirinya di kamar sendirian sambil bershower ria..

Nah itu sekilas cerita, gimana ada yang udah nangkep maksud cerita gue tadi?
Yap, bener banget itu tadi sekilas cerita "Be Yourself" Apakah Joni berakhir bahagia? Tidak!

Itulah kenapa gue bilang kata-kata "Be Yourself" Itu cuma Hoax.
Beberapa hari yang lalu gue dapet artikel di salah forum sebelah yang bahas Be Yourself  ini juga.
Langsung aja gue bahas, siapin cemilan, kopi,  lilin *loh

Be Yourself, udah sering banget kan kalian dengeri di film, atau lagu-lagu gitu, yakan? Bahkan di bio twitter, facebook, Path, Instagram. Semua deh pokoknya, blablabla..


Menurut gue ya, orang yang bilang Be Yourself itu cuma dua kemungkinan.

Yang Pertama, orang itu gak ngerti arti dari menjadi diri mereka sendiri yang sebenernya itu.
Dan yang Kedua, orang itu males, gak mau capek atau ngerasa gak nyaman ketika dia menjadi orang lain.

Oke, yang Pertama disini, gue mau bahas adalah Kenali Diri Lo Sendiri. Woi vroh sadar deh, gimana mau jadi diri lo sendiri kalo gak kenal siapa sih diri lo itu? Semua orang itu dilahirkan kosong, bersih layaknya kertas putih. Lo bisa coret-coret disitu sepuas lo, entah lu coret baik, buruk. Itu semua terserah lo. Tapi, ada tapinya, kertas putih itu gue bisa jamin gak lu tulis karena diri lo sendiri. Gampangnya gini, lo tinggal di perkotaan, temen-temen lo anak-anak orang kaya, dengan baju brand-brand kelas atas, apa lo mau pakek baju cuma kaos k*tang sama boxer sambil lari-lari di sawah. Contoh kedua, ini lebih gampang, temen-temen lo anak brandal, secara otomatis, sifat lu bakal ikut-ikut an kan? Begitu juga sebaliknnya, yakan?
Itulah, sebenernya Kertas putih itu cuma jadi coretan-coretan tetangga-tetangga lu, bukan lu sendiri. So? Mulai sekarang Kenali diri lu sendiri. Supaya ngerti maksud Be Yourself itu sendiri.

Yang Kedua, coba Pikirin Meskipun banyak hal permanen kayak genetik, fisik, pinter atau gak nya lu. Tapi lu gak mungkin kan lahir langsung kayak gini sekarag. Yakan?

Yang Ketiga, gak ada bayi yang minder, pemalu, pendiam. Semua bayi itu bebas berkreasi, gak pemalu, bisa nangis sekeras-kerasnya mereka. Tapi apa kalian sekarang? Kalau kalian sekarang pemalu, pendiam. Itu artinya lu bukan lu! Lu cuma kebawa suasana, lu takut atau apalah. Berarti lu udah kepengaruh sama hal-hal sekitar, otomatis kalau udah terpengaruh. Itu artinya lu udah bukan lu sendiri, yakan?

Yang Keempat, ini yang terakhir nih! BE YOUR BEST SELF Disini gue mau jelasin, prinsip yang lebih Jelas dari pada Be Your Self, yap! Jadilah yang terbaik dari lu guys!  Kalo kalian mikir "Ah yaudah gue gini-gini aja, jadi diri gue sendiri aja lah" Terus kalian mau jadi apa? Kalo kalian males? Itu diri kalian sendiri? Sifat kalian?  Nggak! Gue tegesin lagi ya, Jadilah diri lu sendiri tapi yang terbaik dari lu, itu baru bener! Kenapa? Anggep aja kalian sekolah, terus kalian males sekolah "Ah males sekolah, nilai gue jelek. Yaudah sih, inilah diri gue, males ah" Apa jadinya? Ancur yap ancur! Gak ada masa depan, tapi kalo lakuin yang terbaik, anggep nilai lu jelek, lu bakala berusaha terus berusaha lakuin yang terbaik. Dan terakhir yang pasti adalah Doa..

Udah ah capek ngetik panjang banget haha
Sekian dari gue, sampai ketemu di post-post berikutnya!
Ciaoo~

@argasays

8 comments

Nomer satu sama emapat sih gue ngerti, soalnya nyambung. Sisanya gak ngerti.
Gini ya bro, ini bukan hasil pemikiran gue sindiri tapi gue ingat petuah Cak Nun (cari di google kalau gak tau dia siapa). Sebelum ditiupkan ke sebuah jasad, Roh manusia membuat 2 perjanjian sama Tuhan. Pertama dia melakukan perjanjian tentang takdirnya, dan karakternya. Kedua dia harus melupakan perjanjian ini sebelum masuk kedalam jasad dan saat dewasa nanti mencari seperti apa dirinya yang sejati. Jadilah diri sendiri itu artinya jadilah diri yang sejati, diri yang sejati adalah diri yang sudah dikontrak dulu waktu rohnya akan ditiupkan kedalam jasadnya. Jadi orang yang jadi diri sendiri itu sudah melakukan yang terbaik. So gak perlu ditekankan pake "bes yourself".

Makasih gan tanggapannya:)

bagus nih pemikirannya. tapi contoh kasus di atas ketika si inem tidak menerima joni karena dia menjadi dirinya sendiri, kurang tepat menurut gua. karna memang dari awal si joni gak jadi dirinya sendiri. coba dari awal gitu. mungkin ceritanya bakalan beda. atau mungkin mereka memang bukan jodoh.
intinya jangan bilang "jadi diri sendiri" kalau lo bilang itu hanya sekedar ikut-ikutan

"intinya jangan bilang "jadi diri sendiri" kalau lo bilang itu hanya sekedar ikut-ikutan" Gue setubuh ehh setuju sama agan satu ini :v

Intinya, yang penting kita nyaman sama apa yang kita lakuin. udah gitu aja sih.. :D

setuju deh sama kamu:v

nice :D

Love what you do, do what you love !

Makasih udah baca sampai abis:) jangan lupa comment! Jangan bosen-bosen visit ya!
EmoticonEmoticon